Cara Flashing Xiaomi Redmi 4 Prime (markw) dengan MiFlash

Cara Flashing Xiaomi Redmi 4 Prime (markw) dengan MiFlash - Hallo sahabat pawang bisnis, Pada sharing INFO TEKNIK berjudul Cara Flashing Xiaomi Redmi 4 Prime (markw) dengan MiFlash, saya telah menulis sebuah artikel. mudah-mudahan isi postingan dapat bermanfaat dan mudah anda pahami. okelah, ini dia isi contennya.

Artikel : Cara Flashing Xiaomi Redmi 4 Prime (markw) dengan MiFlash
Judul : Cara Flashing Xiaomi Redmi 4 Prime (markw) dengan MiFlash


Cara Flashing Xiaomi Redmi 4 Prime (markw) dengan MiFlash

Artikel Gadget,
        Assalamu'alaikum Wr. Wb. pada postingan kali ini saya akan membagikan tutorial cara flashing ponsel Xiaomi Redmi 4 Prime menggunakan MiFlash 2017. Tutorial ini saya buat karena banyak sekali ROM distributor atau sering kita kenal sebagai "ROM abal-abal" yang sudah terpasang di HP Redmi 4 Prime ini sejak pertama kali dibeli. ROM distributor ini sering kali banyak "bugs" yang kerap muncul setelah beberapa lama pemakaian seperti seringnya restart dan mati sendiri padahal baterai masih banyak, pengaturan aplikasi yang kadang berubah sendiri, bahkan bisa sampai bootloop walaupun HP tersebut tidak dioprek/di-root/UBL/pasang TWRP dan cusrom. Ciri-ciri firmware distributor dari HP Xiaomi ditandai dengan adanya 4 titik pada angka di versi MIUInya sedangkan pada versi global stable-nya hanya terdapat 3 titik.
ROM distributor ditandai adanya 4 titik pada nomor versi MIUI
        Sebelum menuju langkah-langkah flashing pada ponsel Redmi 4 Prime ini ada beberapa syarat yang akan saya sampaikan :
  • Disarankan Hp yang dalam keadaan error, bootloop, brick, atau posisi ROM distributor. Kalo Hp masih normal-normal aja tidak perlu diflash.
  • Disarankan berpengalaman dalam flashing Hp jenis lainnya, karena langkah-langkahnya hampir sama.
  • Jika Hp masih baru beli dan masih garansi dan mengalami error seperti bootloop, dibawa saja dulu  ke service center-nya.
  • Tidak lupa akun MI, kalo lupa bawa saja ke service center Xiaomi terdekat dengan membawa dusbok dan nota pembeliannya.
  • Baterai Hp Redmi 4 Prime yang ingin diflash disarankan di atas 30%.
  • Disarankan juga untuk masuk ke grup facebook Redmi 4 Prime untuk membaca referensi tentang Redmi 4 Prime.
  • Disarankan flashing menggunakan Windows versi 64 bit.
  • DWYOR.
        Jika syarat-syarat di atas sudah terpenuhi selanjutnya ke langkah-langkah flashing Redmi 4 Prime.
  1. Siapkan PC/Laptop, jika menggunakan PC disarankan terdapat UPS yang baik agar ketika pemadaman listrik saat proses flashing masih bisa digunakan selama beberapa menit hingga proses flashing selesai. Jika menggunakan Laptop disarankan baterai terisi penuh.
  2. Download driver ADB-nya terlebih dahulu di sini.
  3. Download driver Qualcomm-nya di sini.
  4. Download XiaoMiFlash-nya di sini.
  5. Download Firmware Redmi 4 Prime (MIUI 8.2) di sini.
  6. Sebelum memasang semua bahannya pastikan Anda sudah mengaktifkan Test Mode pada windows Anda dan melakukan Disable Driver Signature Enforcement agar instalasi driver dan semua proses flashing-nya berjalan dengan baik. Untuk mengaktifkan Test Mode dapat mengunjungi postingan ini dan untuk Disable Driver Signature Enforcement dapat mengunjungi postingan di link ini.
  7. Setelah didownload kemudian install semua bahannya.
  8. Setelah di-install semuanya, matikan Smartphone Redmi 4 Prime Anda, kemudian hubungkan ke port USB PC/Laptop kalian dengan menggunakan kabel data maka windows akan memasang drivernya secara otomatis. Tunggu instalasi drivernya sampai selesai.
  9. Untuk mengecek apakah drivernya sudah terpasang dengan benar maka buka Device Manager dengan klik kanan pada ikon My Computer/This-PC kemudian pilih "Manage".
  10. Atau dengan cara buka "Windows Explorer", kemudian klik kanan pada "This PC" dilanjutkan dengan memilih "Manage" seperti pada langkah 8.
  11. Setelah terbuka jendela "Computer Management", klik "Device Manager".
  12. Kemudian klik "View" → "Show Hidden Devices".
  13. Setelah itu pilih dan buka "Android Phone", jika tidak ada atau ada tetapi terdapat tanda pentung maka driver belum terpasang dengan benar. Jika sudah ada maka akan seperti pada gambar di bawah. Gambar di bawah mungkin sedikit berbeda dengan tampilan pada PC Anda, dikarenakan pada Laptop saya sudah pernah dihubungkan ke berbagai jenis HP.
  14. Jika tampilannya seperti di bawah ini, maka driver ADB Anda belum terpasang.
  15. Jika driver belum terpasang, maka harus dilakukan pemasangan secara manual dengan menggunakan bahannya di sini. Kemudian klik kanan pada nama PC Anda dan pilih "Add Legacy Hardware". Jika sudah terpasang maka skip saja ke langkah 23, kalo belom terpasang ya mana mungkin 2 ribu per giga hangati tubuhku dalam kedinginan, ehh maksudnya mana mungkin bisa lanjut ke langkah berikutnya hehe.. .
  16. Selanjutnya klik "Next" pada jendela pop up "Add Hardware".
  17. Sesudah itu pilih yang bawah dan klik Next seperti pada screenshot di bawah.
  18. Setealh itu pilih Android Phone atau "Show All Devices" jika tidak ada dan klik Next.
  19. Selanjutnya klik "Have Disk..." seperti yang ditunjukkan pada gambar.
  20. Pada jendela "Install From Disk" pilih "Browse" untuk memilih file lokasi driver yang sudah Anda download (driver manual installer pada langkah 15 yang sudah diekstrak).
  21. Pada jendela "Locate file" pilih letak file driver tadi kemudian pilih file berformat (.inf).
  22. Setelah itu pilih "Manufacture" dan "Model"nya kemudian klik "Next".
  23. Sesudah driver-nya terpasang dan berfungsi dengan baik dapat melanjutkan ke langkah berikut. Ekstrak file firmware yang sudah di-download sebelumnya.
  24. Setelah diekstrak buka folder firmware-nya.
  25. Anda akan menemukan file yang tidak berformat, kemudian klik kanan pada file tersebut dan pilih "Open with" pada menu pop up.
  26. Setelah muncul pop up Windows hilangkan centang → pilih "WinRAR Archiver" klik "OK".
  27. Ketika sudah terbuka WinRAR-nya maka klik "Extraxt To".
  28. Kemudian pilih tempat file yang akan diekstrak sesuai keinginan.
  29. Selanjutnya tekan dan tahan tombol power + vol up pada HP Redmi 4 Prime Anda sampai muncul ke menu recovery (berbahasa China), kemudian tap fastboot. Atau bisa juga langsung masuk ke mode fastboot ketika Hp anda sudah dimatikan dengan menekan tombol power+vol-.
  30. Buka aplikasi XiaoMiFlash 2017 yang sudah di-install sebelumnya.
  31. Setelah terbuka aplikasinya, klik Browse untuk memilih lokasi folder firmware-nya.
  32. Pada jendela pop up "Browse For Folder" cari lokasi dan pilih folder firmware yang sudah diesktrak sebelumnya kemudian klik "OK".
  33. Kemudian pilih "clean all" untuk memformat semua data, setelahnya klik "Refresh" untuk mendeteksi port yang sudah ditancapkan ke HP Redmi 4 Prime Anda. Jika ada notifikasi "Installing Driver" maka tunggu saja sampai selesai kemudian klik "Refresh" kembali. Jika sudah muncul "id device"nya lanjutkan dengan klik "Flash".
  34. Tampilan proses flashing-nya seperti berikut, tunggu hingga selesai sekitar 5-10 menit.
  35. Jika proses flashing-nya susah selesai maka akan tampil "result" success berwarna hijau. Jika gagal (berwarna merah) maka lakukan dari awal, hal itu biasanya disebabkan kabel data yang kendor atau tidak cocok (disarankan pakai kabel data yang ori).
  36. Setelah itu HP Redmi 4 Prime akan booting dengan sendirinya, dan tunggu hingga ke menu bahasa. Pada awal booting setelah diflash memang cukup lama sekitar 10 menit.
  37. Selesai, Smartphone Redmi 4 Prime Anda Ashiaappp digunakan.
Notes :
  • Untuk cara flashing tipe Hp Xiaomi lainnya sama dengan cara di atas, yang membedakan hanya file firmware-nya saja yang tiap tipe Hp tidaklah sama.
  • Kumpulan firmware Xiaomi lainnya bisa dicari di http://en.miui.com/a-234.html.
Terima kasih sudah berkunjung ;)


    Demikianlah Artikel Cara Flashing Xiaomi Redmi 4 Prime (markw) dengan MiFlash

    Sekian Cara Flashing Xiaomi Redmi 4 Prime (markw) dengan MiFlash, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua.

    Anda sedang membaca artikel Cara Flashing Xiaomi Redmi 4 Prime (markw) dengan MiFlash dan artikel ini url permalinknya adalah https://pawang-bisnis.blogspot.com/2019/09/cara-flashing-xiaomi-redmi-4-prime.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

    Tag : ,